Labels

Home » » Manfaat Fecebook Berdasarkan Fungsinya

Manfaat Fecebook Berdasarkan Fungsinya


Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat modern saat ini. Jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg (California) tersebut memiliki tiga fitur utama yang bisa konsumen pilih, yaitu halaman (pages), grup, (groups), dan profil (profile).

Kendati terlihat serupa, ketiga fitur Facebook tersebut sebenarnya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Karena minim penjelasan, banyak konsumen tak bisa memaksimalkan fungsi ketiga jenis fitur tersebut.

1. Facebook Profile


Fitur profil diperuntukkan bagi individu. Ketika pertama kali menggunakan Facebook, otomatis akan diarahkan untuk membuat profil. Profil adalah tempat di mana pengguna menulis informasi tentang dirinya (misalnya nama, tanggal lahir, tempat tinggal, minat, informasi kontak dll). Dengan profil, pengguna Facebook bisa berbagi status, foto, video, bahkan tautan situs di Newsfeed. Pengguna juga bisa menambah teman, chatting dan berbincang secara daring dengan teman-teman yang mereka inginkan. Profil pengguna tidak dapat memiliki lebih dari 5000 teman (30 September 2014). Profil Facebook adalah alat untuk menampilkan diri sebagai orang dalam lingkaran teman-teman.

2. Facebook Fan Page (halaman)


Facebook Page berfungsi sebagai lini masa (time line) untuk organisasi, bisnis, merek dan tokoh masyarakat. Serupa dengan profil, pemilik halaman dapat memposting cerita, menambahkan foto sampul, host acara dan banyak lagi. Mereka yang memiliki "menyukai" halaman tersebut akan melihat update halaman di Newsfeed mereka.

Siapapun dapat membuat halaman, tetapi hanya perwakilan resmi dapat membuat dan mengelolanya untuk sebuah organisasi, bisnis, merek atau tokoh masyarakat. Untuk membuat halaman, semua yang Anda akan butuhkan adalah profil Facebook.
Profil pemilik dapat mengelola beberapa halaman, dan pencipta halaman dapat memberikan izin bagi orang lain untuk menjadi administrator untuk membantu mengelola halaman.

Manfaat lainnya dari halaman:
1. Diperuntukkan untuk “membuat profile” dari sesuatu. Profile produk, artist, public figure, bisnis, dll.
2. Tujuannya memang untuk promosi.
3. Dapat menambahkan Facebook Application pada halaman.
4. Pemilik/admin dari halaman tidak diperlihatkan.
5. Status hubungan di page adalah fan. Artinya kedudukan halaman dan likers/followers seperti antara artist dan penggemar
6. Terdapat fitur untuk memonitor traffic page. Seperti wp-stats pada wordpress
7. Halaman dapat dipromosikan melalui facebook ads, dengan biaya tentunya
8. Terdapat feed activity dari halaman.
9. Orang bisa langsung menjadi penggemar tanpa menunggu persetujuan pemilik Halaman.
10. Halaman bisa mengirimkan pesan massal kepada seluruh Penggemarnya. Meski jumlah penggemar melebihi 5.000. Istilah untuk pesan massal ini disebut “Pembaruan.”
11. Pengurus halaman dapat berbagi kiriman di bawah nama Halaman, terutama pada Group yang telah ditautkan.
12. Tidak dapat ditambahkan ke anggota group melalui kotak pencarian tambahkan anggota, dimana Profile menjadi anggotanya (kecuali telah ditautkan)
13. Dapat dijadikan pengurus di Group.
14. Saat membuat postingan di linimasa, pada kolom "tulis sesuatu" dapat mengatas namakan Profile atau Halaman.
15. Dapat siaran langsung video, atasnama profile atau halaman.
16. Dapat membuat nama default sendiri @nama halaman
17. Dapat ditag pada status, foto dan video, baik yang dibuat di linimasa Profile, Halaman ataupun Group.

3. Facebook Group


Saat ini, lebih dari 500 juta orang menggunakan grup Facebook bulanan, dan ribuan kelompok dibuat setiap hari. Seperti forum diskusi, grup memungkinkan saat tertentu orang untuk berbagi foto, link, update dan banyak lagi.
Facebook Group kebanyakan untuk menghubungkan keluarga, teman sebaya, rekan tim, rekan kerja atau orang-orang dengan kepentingan bersama. Anggota dapat bertanya dan menjawab pertanyaan, posting tentang peristiwa atau lowongan pekerjaan dan mengikuti percakapan tentang topik yang menarik bagi mereka. Selain itu, Facebook Group memungkinkan Anda untuk mengirim pesan massal langsung ke kotak masuk anggota.

Manfaat lainnya dari facebook group:
1. Diperuntukan sebagai “tempat berkumpul” users facebook dengan kesamaan minat tertentu.
2. Tujuannya untuk gathering
3. Tidak bisa menambahkan application pada group karena group itu sendiri merupakan application
4. Pemilik / Admin page diperlihatkan
5. Status hubungan di groups adalah member. Anda menjadi “bagian” dari komunitas groups
6. Tidak ada fitur untuk memonitor traffic groups
7. Tidak dapat dipromosikan melalui facebook ads
8. Setiap member group dapat mempost kan item di “posted items”. Anggota menerima pemberitahuan secara default apabila ada kiriman dari anggota grup. Anggota grup dapat berpartisipasi dalam obrolan, mengunggah foto ke album bersama, berkolaborasi pada dokumen grup.
9. Group bisa bersifat terbuka (semua orang bisa bergabung), bahkan tanpa bergabung pun orang dapat melihat group, anggota dan semua postingan. Bersifat tertutup (butuh izin pengurus untuk bergabung), dimana orang luar hanya bisa melihat daftar anggota, tetapi mereka tidak bisa melihat tulisan yang dibuat dalam group. Dan juga rahasia (hanya yang diundang yang bisa bergabung), dimana yang bukan anggota tidak dapat melihat daftar anggota atau postingan.
10. Di dalam Group ada anggota yang disebut Pengurus (Administrator) dan Petugas (Officer). Pengurus berwenang untuk melakukan semua hal, seperti menghapus anggota, menyunting pengaturan grup, dsb. Sedangkan Petugas adalah sebuah jabatan. Hanya jabatan. Tidak memiliki wewenang khusus (jadi seperti anggota Grup lainnya).
11. Anggota bisa mengundang teman-temannya ke dalam Grup.
12. Grup bisa mengirimkan pesan massal kepada anggotanya jika jumlah anggota tidak lebih dari 5.000. Jika anggota Grup melebihi 5.000, opsi untuk mengirim pesan akan hilang.
13. Anggota grup harus disetujui atau ditambahkan oleh anggota lain. Setelah grup mencapai ukuran tertentu, sebagian fitur akan dibatasi.
14. Profile pembuat group dapat diubah oleh diubah oleh dirinya sendiri atau admin yang lain dalam kedudukannya, menghapus jadi pengurus atau tinggalkan/keluarkan dari grup.


15. Dapat siaran langsung video, atasnama profile atau halaman.

0 komentar:

Posting Komentar